Asteroid Bennu Bakal Tabrak Bumi dan Sebabkan Kiamat? - LIPUTAN SURYA69

Breaking

LIPUTAN SURYA69

Berita terkini dan seputar Indonesia

situs judi online

Rabu, 05 Desember 2018

Asteroid Bennu Bakal Tabrak Bumi dan Sebabkan Kiamat?

Asteroid Bennu Bakal Tabrak Bumi dan Sebabkan Kiamat?




Liputan Surya69 - Peneliti sudah menemukan asteroid bernama Bennu yang mempunyai lebar 500 meter. Objek ini menjadi sasaran bagi para peneliti badan antariksa Amerika Serikat, NASA.


NASA OSIRIS-REx akan mencoba mendarat di objek itu, sebelum mengumpulkan sampel dan membawanya kembali ke Bumi.

Diyakini bahwa Bennu mungkin berisi 'blok bangunan' kehidupan, sehingga memulihkan sampel akan memungkinkan para ilmuwan untuk menguji teori bahwa asteroid membawa bahan kimia penting ke Bumi yang memicu asal-usul organisme hidup.

Akan tetapi, batu luar angkasa raksasa itu juga dikhawatirkan bisa membawa bencana kematian dalam skala besar. Jadi tes akan membantu mengungkap dan bagaimana memastikannya tidak menyerang Bumi.


Jika dampak bencana terjadi, itu akan melepaskan lebih banyak energi daripada semua senjata nuklir yang diledakkan dalam keseluruhan sejarah manusia.

Bennu seluas lima lapangan sepak bola dan beratnya sekitar 79 miliar kilogram atau 1.664 kali lebih berat daripada Titanic. Infonya, asteroid ini mempunyai kemungkinan yang sangat kecil untuk menabrak Bumi.

Akan tetapi, bila objek itu sampai ke Bumi, energi yang dilepaskan dalam dampak ini diperkirakan akan setara dengan 1.200 megaton atau 80.000 kali energi yang dikeluarkan oleh bom Hiroshima.

Ini akan menimbulkan kawah yang lebarnya lebih dari dua mil. Untuk itu, NASA sudah menyiapkan senjata untuk mencegah terjadinya kerusakan besar karena asteroid tersebut.


NASA sudah mengerjakan sebuah kapal yang disebut HAMMER (Hypervelocity Asteroid Mitigation Mission untuk kendaraan Tanggap Darurat) yang dirancang untuk meledakkan asteroid dengan bom nuklir atau mengarahkan asteroid ke lintasan yang berarti tidak akan menabrak Bumi.

Opsi dengan membelokan lintasan asteroid mungkin pilihan terbaik karena tidak menghujani Bumi dengan fragmen batuan radioaktif. Akan tetapi, jika membelokan Bennu tidak berhasil, kata para ilmuwan, yang berarti opsi nuklir berbahaya bisa menjadi satu-satunya harapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar